Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Sekalipun Memiliki Banyak Kursi, PKB Tetap Utamakan Koalisi

Berita Daerah
Sekalipun Memiliki Banyak Kursi, PKB Tetap Utamakan Koalisi

PKBNews - MEMILIKI kursi cukup untuk mencalonkan pimpinan daerah di wilayah Jawa Timur (Jatim) tak lantas membuat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) jumawa. Partai yang lahir dari rahim Nahdlatul Ulama (NU) tersebut tetap menjajaki kemungkinan berkoalisi dengan partai lain.

"Sekalipun kami memiliki kursi cukup untuk mencalonkan diri, sesuai persaratan, kami memilih untuk berkoalisi," tegas Wakil Ketua Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) PKB Jatim, Badrut Taman beberapa waktu lalu.

Pria yang digadang-gadang maju menjadi calon bupati (cabup) Pamekasan 2018 mendatang itu berkata, koalisi yang dibangun PKB bukan sekadar koalisi kepartaian, melainkan koalisi partai dan rakyat.

"Di Pamekasan PKB hanya memiliki 5 kursi, susuai aturan kami pun harus melakukan koalisi, tentu saja komunikasi menuju koalisi tersebut sudah terbangun dengan baik," ucap Badrut.

Badrut menambahkan, koalisi yang dibentuk bukan untuk mencari kekuasaan namun untuk mewujudkan kesejahteraan sekaligus pembangunan yang berkeadilan.

"Meskipun hanya mendapat lima kursi di DPRD Pamekasan, PKB menjadi pemimpin perolehan kursi di sana. Tiga partai lain, yakni PAN, PPP, dan PBB juga memperoleh jumlah kursi yang sama, lima," tuturnya.

Sedangkan di Jatim, PKB juga memimpin pemerolehan jumlah kursi di DPRD Jatim. Mendapat 20 kursi, PKB menjadi partai dengan jumlah wakil terbanyak di DPRD tingkat I.

Dengan jumlah sebanyak itu, mereka juga menjadi satu-satunya partai yang bisa mendaftarkan calon gubernur tanpa melakukan koalisi dengan partai lain.