Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Revisi UU Sinas Iptek Jadi Wadah Inovasi

Berita Utama
Revisi UU Sinas Iptek Jadi Wadah Inovasi
PKBNews - REVISI Undang-Undang (UU) tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Sinas P3 Iptek) akan mewadahi kebijakan inovasi.
 
"Revisi UU Sinas Iptek sedang dibahas (di DPR), kami minta nanti dewan bisa meminta rekomendasi juga dari Dewan Riset Nasional (DRN), kira-kira apa saja yang juga perlu dimasukkan," kata Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) h. Mohamad Nasir di Makassar, belum lama ini. 
 
Politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini mengatakan bahwa kebijakan inovasi yang diusulkan DRN dalam bentuk UU tersendiri nantinya bisa dimasukkan dalam UU Sinas Iptek yang sedang direvisi. "Ini bisa mewadahi sistem inovasi dan Iptek di satu lokasi," kata Menteri Nasir. 
 
Menurut Nasir, inovasi merupakan bagian kecil dari keseluruhan kegiatan penelitian dan pengembangan (litbang). Riset ada pada hulu, sedangkan inovasi ada pada bagian hilir, semuanya saling berkait dan tidak bisa dipisahkan.
 
Selain itu, poin urutan riset dari hulu hingga hilir berdasarkan Tingkat Kesiapan Teknologi (Technology readiness level/TRL) 1-3 yang masuk dalam tahap riset dasar. "Kemudian, berlanjut ke TRL 4-6 yang masuk tahap riset terapan. Dan pada TRL 7-9 masuk tahap inovasi," tanda Menteri Nasir.
Rekomendasi untuk dibaca