Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Presiden Jokowi Diingatkan Agar Realisasikan DAU Maluku

Berita Headline
Presiden Jokowi Diingatkan Agar Realisasikan DAU Maluku

PKBNews - PRESIDEN Joko Widodo diingatkan agar menepati janjinya merealisasikan Dana Alokasi Umum (DAU) Maluku dengan memperhitungkan luas laut pada tahun anggaran 2018.

"Saya mengharapkan janji Kepala Negara itu direalisasikan karena memang dibutuhkan Maluku untuk mendorong pembangunan di daerah ini yang mengalami keterbatasan dana sebab DAU hanya memperhitungkan luas daratan maupun jumlah penduduk lebih dari 1,7 juta jiwa," kata Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa H. Abdul Muhaimin Iskandar di Ambon, Selasa (4/4/2017).

Cak Imin -- panggilan akrab Muhaimin Iskandar -- berkunjung ke Ambon terkait pelaksanaan Musyawarah Wilayah (Muswil) DPW PKB Maluku pada 5 - 6 April 2017. Cak Imin memandang perlu bahwa Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional /BAPPENAS dan Menteri Keuangan menindaklanjuti janji Presiden Jokowi tersebut.

"Sebagai anggota kabinet hendaknya kedua menteri tersebut tanggap terhadap kebijakan Presiden yang menyampaikan janjinya saat membuka Sidang Tanwir Muhammadiyah di Ambon pada 24 Februari 2017," kata Cak Imin.

Kata Cak Imin, wajar memperhtungkan DAU demi percepatan pembangunan di Maluku yang memiliki laut yang sangat luas. \

"Wajarlah bila saatnya Maluku yang memiliki laut sangat luas itu dan memiliki potesi sumber daya hayati bernilai ekonomis diberikan pemberlakukan khusus untuk memperhitungkan DAU agar bisa mendorong percepatan maupun pemerataan pembangunan, termasuk pemerintahan dan pelayanan sosial," kata Cak Imin.

Dalam lawatannya ke Ambon, Cak Imin didampingi anggota DPR daerah pemilihan Maluku, Ny. Rohany Vanath dan Ketua DPW PKB Maluku, Basri Damis, menjamin perwakilan di Fraksi-Fraksi DPR akan mengawal janji Presiden tersebut.

"PKB memberikan dukungan politik dan siap mengawal janji Presiden tersebut agar terealisasi pada tahun anggaran 2018," ujar Cak Imin.