Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Politisi PKB Bangga Empat Tokoh Indonesia Masuk Tokoh Muslim Berpengaruh

Berita Parlemen
Politisi PKB Bangga Empat Tokoh Indonesia Masuk Tokoh Muslim Berpengaruh

PKBNews - POLITISI Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Bisri Romli bangga dengan masuknya empat tokoh Idonesia dalam daftar 50 orang paling berpengaruh di dunia versi themuslim500.com. Mereka adalah Presiden Joko Widodo (Jokowi), Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj, Ketua Umum Muhammadiyah KH Din Syamsuddin dan Habib Luthfi bin Ali bin Yahya (Pekalongan).

"Sebagai orang Indonesia saya bangga dengan masuknya empat tokoh Indonesia menjadi 50 orang paling berpengaruh di dunia," katanya, Jumat (26/5/2017).

Bisri berpandangan terpilihnya empat orang tokoh tersebut sudah sangat tepat jika dilihat dari profesi dan keahliannya masing-masing. Ia melanjutkan, Presiden Jokowi masuk dalam kategori pejabat pemerintah dengan penduduk mayoritas muslim terbanyak di dunia.

"Dengan kesederhanaannya dan ketekunan menjalankan syariat Islam yang sebenar-benarnya, Presiden Jokowi menjadi tauladan dan contoh bahwa di bawah komandonyalah Indonesia damai. Sedangkan dalam lingkup Internasional, Presiden Jokowi dapat masuk ke berbagai kalangan termasuk Arab Saudi dan Iran, dimana kedua negara tersebut mempunyai doktrin firqoh yang berbeda," ucapnya.

Sedangkan KH Said, menurut Bisri, merupakan orang nomor satu di kalangan jam’iyah ahlusunnah wal jamaah (Aswaja). Selain itu, KH Saiddapat memahami permasalahan ummat dari berbagai konteks, baik yang tekstual maupun kontekstual.

“Walapun kita tau, Said Aqil itu bukan politisi secara tekstual, namun bisa membawa pengaruh yang luar biasa," katanya.

Anggota Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) itu berkata, KH Din Samsuddin terpilih karena pengaruhnya yang sangat besar di kalangan Muhamadiyah. Namun, Secara tekstual antara Muhammadiyah dan NU tidak ada perbedaan.

"Ketika Tarjih Muhammadiyah mereka juga menguasai empat madzhab, seperti halnya NU. Menurutnya, KH Din Samsudin dan KH Said masuk dalam kategori yang sama. Yakni masuk dalam kategori ulama,” kata Bisri.

Bisri melanjutkan, Habib Luthfi bin Ali bin Yahya juga masuk dalam kategori ulama. Namun, ia lebih konsen pada spiritual. Sebab, Habib luthfi merupakan sebagai ketua thoriqoh Indonesia, Thoriqoh An-Nahdliyah.

"Menurut saya, kategori ulama dan spiritual, karena beliau membawahi thoriqoh se Indonesia. Itu pengikutnya sangat loyal, karena spirit itu kan masalah rohani. Rohani yang diisi thoriqoh bisa membawa warga yang telah dibaiat menjadi sangat loyal," tandas legislator asal daerah pemilihah Batang, Pekalongan dan Pemalang tersebut.