Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

PKB Sulsel Gelar Uji Kepatutan Balon Bupati-Walikota

Berita Daerah
PKB Sulsel Gelar Uji Kepatutan Balon Bupati-Walikota
PKBNews – DEWAN Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sulawesi Selatan akan menggelar fit and proper test (uji kepatutan dan kelayakan) calon kepala daerah di Makassar, Sabtu-Minggu (15-16/7/2017).
 
Puluhan bakal calon kepala daerah baik sebagai bupati/wakil bupati maupun walikota/wakil walikota bersaing untuk diusung di pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada 2018 mendatang.
 
Ketua PKB Sulawesi Selatan, Azhar mengatakan uji kelayakan dan kepatutan para calon tersebut untuk Kabupaten Pinrang, Kota Palopo dan kota Pare-pare, sementara untuk daerah lainnya akan menyusul di bulan berikutnya. Tentunya bagi calon kepala daerah yang telah melewati proses penjaringan di DPC PKB Kabupaten-Kota.
 
“PKB akan menanyakan visi dan misi calon yang telah mendaftar. Calon Kepala Daerah akan ditanyakan terkait pemahaman tentang daerah yang akan dipimpinnya, kemampuan dalam memaparkan masalah yang ada serta solusinya. Juga penataan daerah atau seperti apa dan pembangunan yang akan dilakukan,” kata Azhar di Makassar, Jumat (14/7/2017).
 
Menurut alumni Kader PMII ini, dari hasil fit and proper test tersebut nantinya juga akan ditambah dengan penilaian sosok Balon kepala daerah melalui hasil survei. nantinya Balon kepala daerah yang memiliki nilai tertinggi akan dikirimkan namanya ke DPP. Pasalnya pihak DPP lah yang akan menentukan siapa Balon kepala daerah yang akan diusung.
 
‘’Keputusan akhir masih ada di tangan DPP, tentunya dengar mempertimbangkan aspek-aspek yang akan diuji di atas. Seperti fit and proper test, wawancara dan juga hasil survei,” tandas  Azhar.