Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

PKB Pastikan Tak Kirim Nama di Pansus KPK

Berita Parlemen
PKB Pastikan Tak Kirim Nama di Pansus KPK

PKBNews - PARTAI Kebangkitan Bangsa (PKB) pastikan tidak akan mengirimkan anggotanya di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk masuk dalam Panitia Khusus (Pansus) KPK. Kepastian tersebut didapat dari juru bicara Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB yang juga Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Daniel Johan.

"PKB menolak dan tidak mengirimkan nama kedalam Pansus KPK," katanya di Jakarta, Rabu (31/5/2017).

Daniel berkata, partai yang dinahkodai Ketua Umum (Ketum) DPP PKB H Abdul Muhaimin Iskandar tidak mengikuti langkah lima fraksi partai pendukung pemerintah lainnya, yang sudah terlebih dahulu mengirim anggotanya untuk mengikuti pansus angket KPK.

"Keputusan DPP PKB selaras dengan fraksinya di DPR. PKB sepenuhnya menolak usulan hak angket KPK ini, dan memerintahkan kepada seluruh anggota F-PKB untuk menolak," ucapnya.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI itu berkata, langkah beberapa anggota yang mengajukan angket untuk membuka rekaman KPK terkait penyebutan nama beberapa anggota parlemen, tidak dalam koridor tugas DPR.

"Lebih baik membiarkan sistem pengadilan berjalan dan tugas para wakil rakyat adalah mengawal penuh proses tersebut sebagaimana mestinya. KPK bisa menolak Pansus angket yang digulirkan. Pasalnya, dalam UU Keterbukaan Informasi, mengatur informasi dalam penyelidikan dan penyidikan adalah informasi yang dikecualikan untuk dibuka kepada publik," kata Daniel.

Danil melanjutkan, hal itu tercantum dalam Asas UU KIP Pasal 2 ayat (4) UU Nomor 14/2008 tentang pengecualian informasi publik yang bersifat rahasia berdasarkan UU.
"Yang bisa membuka itu hanya pengadilan yang sekarang sedang menyidangkan perkara e-KTP. Lebih baik soal nama-nama anggota DPR yang disebut itu diselesaikan dalam persidangan saja," katanya.