Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

PKB Ikut Opsi Pemerintah

Berita Parlemen
PKB Ikut Opsi Pemerintah

PKBNews - PARTAI Kebangkitan Bangsa (PKB) tegaskan mengikuti keinginan pemerintah terkait presidential threshold atau ambang batas presiden pada angka 20-25 persen.

"F-PKB sepakat dengan opsi pemerintah dalam RUU Pemilu. Sebenarnya PKB ingin menjembatani antara beberapa opsi yang kelihatan ekstrem, tapi karena PKB tidak cukup suara, maka PKB akan bergabung dengan opsi partai pemerintah," ujar Ketua Fraksi PKB Ida Fauziah, Kamis (20/7/2017).

Kata Ida, PKB tetap berharap pengambilan keputusan dalam rapat paripurna melalui musyawarah mufakat. Ia meyakini suara anggota fraksinya akan solid saat voting RUU Pemilu. Ia menuturkan jika keputusan fraksi telah didiskusikan sebelumnya.

"Pasti solid. Kita nggak ada pikiran kalau mereka (anggota fraksi) tidak solid. Karena sudah diputuskan dengan diskusi yang panjang. Kita percaya anggota kita," katanya.

Perempuan yang pernah memangku jabatan Ketua Umum Ketua Fatayat NU dua priode itu berkata, sebelum adanya keputusan fraksi semua anggota berhak mengeluarkan pendapatnya sendiri. Tapi jika sudah menjadi keputusan fraksi semua anggota harus patuh dengan itu.

"Waktu masih proses dialog itu silakan dengan manuver pemikirannya sendiri. Tapi kalau sudah menjadi keputusan harus ikut keputusan. Jika pengambilan keputusan berakhir dengan voting. PKB tidak masalah apakah dengan cara tertutup atau terbuka. Prinsipnya kalau tidak berkaitan dengan seseorang tidak apa terbuka. Tapi kalau berkaitan dengan orang ya lebih baik tertutup," kata Ida.