Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Penambahan 19 Kursi di DPR Merupakan Usulan Paling Moderat

Berita Parlemen
Penambahan 19 Kursi di DPR Merupakan Usulan Paling Moderat

PKBNews - KETUA Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Undang-undang (RUU) Pemilu Lukman Edy menegaskan, opsi penambahan 19 kursi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) merupakan usulan paling moderat.

"Jika dibandingkan dengan usulan pemerintah, maka usulan penambahan 19 kursi boleh dikatakan paling moderat. Pasalnya, pemerintah sendiri hanya mengusulkan penambahan lima kursi tanpa relokasi," katanya, Selasa (30/5/2017).

Lukman berkata, penambahan lima kursi yang menjadi usul pemerintah rencananya ditujukan bagi daerah Kalimantan Utara yang saat ini belum memiliki kursi. Namun, kuota kursi yang diberikan ke Kalimantan Utara hanya tiga kursi.

"Sedangkan dua kursi lagi akan digunakan untuk memenuhi tujuh provinsi yang kekurangan kursi. Disinilah letak persoalannya, jika tak ada realokasi kursi, maka daerah lain yang kekurangan kursi tak akan terpenuhi keterwakilannya di DPR," tutur Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Yang menjadi pertanyaan selanjutnya, jelas Lukman, keputusan melakukan relokasi tentu akan menimbulkan gejolak politik. Ia mencontohkan, Aceh dikurangi, Papua dikurangi pasti timbul gejolak.

:Pemerintah siap enggak, Pansus Rancangan Undang-Undang Pemilu menyepakati penambahan 19 kursi DPR tanpa memangkas kuota kursi di daerah lain," katanya.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI itu berkata, penambahan kursi ini berdasarkan luas wilayah, kepadatan penduduk, dan juga adanya pemekaran wilayah baru.

"Terkait keputusan Pansus ini, Pemerintah dipersilakan untuk melakukan proses internalisasi sebelum kemudian menyatakan persetujuan atau penolakan terhadap kesepakatan pansus tersebut. Jika Pemerintah tak setuju dengan usulan tersebut, maka Pansus dan Pemerintah akan kembali berunding untuk menentukan angka yang tepat," kata Lukman.