Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Pemerintah Harus Dukung Industri di Desa yang Libatkan Perempuan

Berita Utama
Pemerintah Harus Dukung Industri di Desa yang Libatkan Perempuan

Jakarta - KEMENTERIAN Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Desa, dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan diharapkan ikut memajukan posisi dan peran perempuan yang bergerak di industri yang berada di pedesaan.  

Demikian dikatakan Anggota Komisi VI DPR dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Siti Mukaromah kepada wartawan di Gedung DPR Senayan, Jakarta, Selasa (18/8/2015).

Menurut Erma – panggilan akrab Siti Mukaromah -- dibutuhkan komitmen serius untuk mendukung kaum perempuan yang sudah terjun langsung menghidupkan desa-desa industri untuk menegakkan kemandirian, kesejahteraan dan martabat bangsa.

Erma mengatakan, sentra industri di desa-desa yang melibatkan banyak kaum perempuan seharusnya mendapat perhatian serius dari pemerintah dalam hal ini Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Desa dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan.

“Apalagi di tengah-tengah lesunya perekonomian nasional, agak tersendatnya dunia industri dan perdagangan di Tanah Air, geliat kaum perempuan yang berada di sektor indutri pedesaan perlu untuk kita dukung. Misalnya di Jawa Tengah, khususnya di Banyumas dan Cilacap. Saya berharap pemerintah harus mendukung dan memperhatikan kaum perempuan yang berada di sektor industri pedesaan di seluruh Indonesia,” kata Erma.

Kata Erma, beberapa industri di desa-desa di Jawa Tengah yang pernah dikunjunginya memperlihatkan arah kemajuan. Setidaknya, ada semangat yang luar biasa dari kaum perempuan yang berkecimpung langsung di dalamnya.

“Harus ada perhatian dan kepedulian pemerintah agar industri-industri di pedesaan yang melibatkan kaum perempuan tumbuh kembang dan meraih kemajuan. Sudah saatnya kita galakan desa-desa yang berikhtiar untuk kemajuan ekonomi masyarakatnya. Bayangkan saja jika semua desa di Indonesia maju perekonomiannya,” kata Erma.

Erma menambahkan di usia kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 70 tahun, semangat kemandirian dan berdikari untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat perlu mendapat dukungan semua pihak, baik pemerintah maupun instansi-instansi lainnya.