Menteri Muhajir Tak Paham Budaya Indonesia

Berita Parlemen
Menteri Muhajir Tak Paham Budaya Indonesia

PKBNews - PROGRAM lima hari sekolah dan delapan jam belajar dalam sehari yang digelontorkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy dinilai tak pahami budaya masyarakat Indonesia.

"Program Mendikbud Muhadjir itu sama saja tidak paham budaya. Ia sama sekali tak memahami budaya masyarakat Indonesia dalam mendidik anak," tegas Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) Nihayatul Wafiroh (Ninik), Kamis (15/6/2017).

Menurut Ninik, harusnya Menteri Muhajir terlebih dahulu melakukan kajian budaya sebelum mengeluarkan sebuah kebijakan. Sudah menjadi budaya sejak lama anak-anak sekolah di dua tempat, pagi di sekolah umum dan sore harinya mereka menambah pengetahuan di sekolah agama, atau madrasah diniyah (MI).

"Kalau tidak paham dengan budaya masyarakat Indonesia, tanya kepada yang memahami. Jangan mengambil kebijakan yang tidak sesuai dengan tatanan nilai luhur masyarakat," ucapnya.

Ninik menegaskan, bentuk penghargaan negara terhadap usaha untuk mendidik masyarakat salah satunya dengan menghormati dan men-support keberadaan sekolah-sekolah diniyah. Bukan malah menghantam habis dengan kebijakan full day school.

"MenteriMuhadjir harus merevisi kebijakan tersebut, karena dinilai mengancam eksistensi madrasah diniyah. Kebijakan itu mengesampingkan jam belajar siswa di madrasah diniyah. Karenanya, perlu dikaji ulang," tegasnya.

Anggota DPR dari daerah pemilihan Jawa Timur III itu berucap, setiap pengambilan kebijakan mestinya bisa mengakomodir keinginan dan kepentingan seluruh peserta didik. Keberpihakan kebijakan seharusnya berpihak pada kepentingan rakyat seluruhnya, bukan berat sebelah.

"Banyak hal yang mendesak untuk diperbaiki dalam pendidikan kita. Salah satunya, adalah pemerataan fasilitas pendidikan," ujarnya.

DEWAN PENGURUS PUSAT
PARTAI KEBANGKITAN BANGSA
JL. Raden Saleh No 9 Jakarta Pusat 10430
Telp : 021-3145328 FAX : 021-3145329
Email :
MEDIA CENTER DPP PKB
Situs resmi Partai Kebangkitan Bangsa.
Jika ingin berpartisipasi, silakan
Kirim artikel / Foto ke email:
© 2016 PARTAI KEBANGKITAN BANGSA | All Rights Reserved.