Masyarakat Mendukung Program Transmigrasi

Berita Utama
Masyarakat Mendukung Program Transmigrasi

Jakarta - TRANSMIGRASI dapat mengatasi berbagai permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat. Apalagi, kondisi sosial ekonomi masyarakat masih banyak yang sangat terbelakang dan memprihatinkan.

"Masyarakat Pulau Jawa yang padat dihimpit oleh belenggu kemiskinan, pengangguran, dan kesulitan meraih taraf hidup yang layak akibat tidak meratanya akses meraih kue pembangunan," kata Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasidi Jakarta, Selasa (1/9/2015).

Apalagi, kata Marwan, ditambah kondisi yang terjadi saat ini banyak terjadi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). "Ini menambah kemiskinan dalam negeri ini terutama di Jawa semakin parah. Ini problem sosial ekononi kita yang bisa diatasi melalui transmigrasi," kata Mendes.

Diakui oleh Mendes bahwa program transmigrasi selalu mengalami pasang surut. Ada kalanya transmigrasi dijadikan primadona masyarakat yang ingin menggapai hidup yang lebih layak, namun ada kalanya pula masyarakat mencibir transmigrasi sebagai program penempatan di daerah sulit yang menakutkan.

Padahal, kata Marwan, jika transmigrasi ini dipahami dengan baik, maka semua masyarakat pasti akan mendukung dan sangat antusias untuk mengikutinya.

"Bayangkan saja, lahan kita di Luar Pulau Jawa masih banyak yang terisolir padahal potensinya sangat melimpah. Di sisi lain banyak masyarakat di Pulau Jawa yang memiliki kemampuan bekerja dengan baik namun belum terberdayakan karena kesulitan lapangan pekerjaan. Ini tidak boleh lagi terjadi jika transmigrasi kita jalankan dengan baik," kata Marwan.

Selain itu, program transmigrasi tersebut harus mendapat dukungan dari kabupaten, provinsi dan kementerian atau lembaga terkait.

"Transmigrasi bisa digarap secara koordinatif maupun secara sektoral oleh kementerian lembaga, misalnya Kementerian Pertanian bisa bisa ikut menjalankan programnya di wilayah transmigrasi, kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat juga demikian, demikian juga Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Kehutanan, dan kementerian koperasi, dan semua kementerian lainnya," ujar Mendes.

Di sisi lain, pengelolaan sumber daya alam yang luas melalui transmigrasi akan sukses dilakukan apabila memakai sistem yang terintegrasi.Dengan demikian, kata Politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini, masalah sosial ekonomi masyarakat bisa diatasi, dan pada akhirnya kesejahteraan secara nasional bisa tercapai.

DEWAN PENGURUS PUSAT
PARTAI KEBANGKITAN BANGSA
JL. Raden Saleh No 9 Jakarta Pusat 10430
Telp : 021-3145328 FAX : 021-3145329
Email :
MEDIA CENTER DPP PKB
Situs resmi Partai Kebangkitan Bangsa.
Jika ingin berpartisipasi, silakan
Kirim artikel / Foto ke email:
© 2016 PARTAI KEBANGKITAN BANGSA | All Rights Reserved.