Indonesia Surga Kopi Dunia

Berita Headline
Indonesia Surga Kopi Dunia

PKBNews - INDONESIA adalah surga kopi dunia. Segala jenis kopi terbaik tumbuh di sini. Itu artinya Indonesia memiliki potensi untuk menuju 'Surga Kopi Dunia'. Sayangnya potensi tersebut belum tergarap secara paripurna.

"Mumpung pesona kopi Indonesia sangat menarik, kita wajib membantu peningkatan kualitas dan produktivitas kopi Indonesia. Kita sebagai penikmat kopi harus membuatnya sendiri dengan mendukung dan membantu petani kopi," kata Ketua Umum (Ketum) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) H Abdul Muhaimin Iskandar, Senin (10/7/2017).

Bahkan, ucap Cak Imin (sapaan akrab H Abdul Muhaimin Iskandar), Indonesia harus dapat menjadi negeri kopi di dunia.

"Potensi itu kita genggam tapi beluml optimal diperkuat lagi. Padahal, kopi Indonesia sejak 1978 sudah mampu ditingkatkan mencapai lebih dari 200.000 ton setahun," katanya.

Cak Imin berkata, kopi adalah komoditas yang pegang peranan penting untuk sumber devisa dan penghasilan bagi lebih 1,5 juta petani kopi.

"Nilai jual kopi sangat ditentukan dari pemrosesan dan penanganan pasca panen. Ini sering jadi hambatan petani kopi kita," katanya.

Ditambah lagi, ujar Cak Imin, petani kopi masih kesulitan memiliki alat menyangrai kopi yang baik.
Pendampingan dan penyuluhan teknologi budi daya dan pengolahan kopi sangat diperlukan bagi petani dan pekebun kopi.

"Sekitar 90 persen kopi yang dihasilkan petani kopi kita adalah jenis robusta. Tapi 85 persen permintaan kopi dunia adalah arabika," katanya.

Cak Imin mengajak seluruh masyarakat Indonesia membantu perkebunan kopi Indonesia untuk lebih optimal. Serta mambantu petani dengan mengonsumsi kopi Indonesia, bukan kopi impor.

"Ketidaktahuan cara menangani berkebun dan memproses kopi bisa menghilangkan atau menurunkan kualitas kopi kita," katanya.

Cak Imin menegaskan, Indonesia jagan bernasib sama seperti wilayah Pondok Kopi (Jatinegara), daerah pertama budi daya kopi tahun 1696 yang kini tak berbekas tentang kopi.

DEWAN PENGURUS PUSAT
PARTAI KEBANGKITAN BANGSA
JL. Raden Saleh No 9 Jakarta Pusat 10430
Telp : 021-3145328 FAX : 021-3145329
Email :
MEDIA CENTER DPP PKB
Situs resmi Partai Kebangkitan Bangsa.
Jika ingin berpartisipasi, silakan
Kirim artikel / Foto ke email:
© 2016 PARTAI KEBANGKITAN BANGSA | All Rights Reserved.