Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Dana Desa untuk Peningkatan Produktivitas Hasil Tani

Berita Utama
Dana Desa untuk Peningkatan Produktivitas Hasil Tani
PKBNews - BALAI Rakyat di setiap desa, selain menjadi rumah sehat, seungguhnya harus bisa menjadi motor penggerak ekonomi warga desa. 
 
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo dalam keterangan persnya terkait kunjungan kerjanya di Flores, Kamis (9/2/2017).
 
Menurut politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, secara bertahap dana desa telah didistribusikan ke seluruh desa di Indonesia. Salah satu penyerapannya untuk pembangunan embung air. 
 
”Embung dapat menjawab permasalahan air bersih, seperti yang dihadapi masyarakat di Flores Timur,” kata Menteri Eko.
 
Kata Menteri Eko, dari dana desa dapat dialokasikan untuk pembuatan embung sekitar Rp 200-500 juta. Dampak yang bisa dirasakan dari program tersebut adalah peningkatan produktivitas hasil tani.
 
Menteri Eko mengatakan bahwa dari rata-rata 1,4 kali panen, dapat menjadi 3 kali panen. ”Untuk pengerjaan embung nanti, masyarakat bisa dibantu TNI AD,” katanya.
 
Ketersediaan embung air, kata Menteri Eko, harus diikuti dengan kebijakan kepala desa untuk menentukan produk unggulan desa. Hal itu diperlukan agar komoditas yang diproduksi bisa fokus. Sehingga, skala yang dihasilkan bisa dalam jumlah lebih besar.
 
”Dana yang masuk ke desa bisa mencapai Rp 560 triliun. Itu berasal dari 19 Kementerian/Lembaga. Selain itu, dana desa tiap tahun terus meningkat. Dampaknya, pertumbuhan ekonomi di desa-desa bisa mencapai di atas 20 persen,” tandas Menteri Eko.