Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Cak Imin : Petani Karet Tak Boleh Merugi Terus

Berita Utama
Cak Imin : Petani Karet Tak Boleh Merugi Terus
PKBNews – SAAT bersilaturahim dengan para petani karet di Lubuklinggau, Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) H Abdul Muhaimin Iskandar dengan sabar mendengarkan berbagai keluhan para petani karet. 
 
Salah seorang patani karet bernama Kurnia, yang berasal dari Dusun Tabajemake, Desa Tabajemake, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, tak kuasa menahan haru sembari menyampaikan aspirasi di depan Ketua Dewan Pembina DPN Gerbang Tani, Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin).
 
“Cak Imin, tolong kami petani karet di bantu. Karena harganya semakin merosot. Kami yakin Cak Imin bisa menolong kami,” kata Kurnia disela silaturahim petani karet dengan Cak Imin di Lubuklinggau, Senin (31/7/2017).
 
Setelah mendengarkan aspirasi dan keluhan Pak Kurnia, Cak Imin dengan tegas menyatakan siap membantu sekuat tenaga untuk mengantisipasi kemiskinan ditengah harga karet yang terus merosot.
 
“Saya akan terus perjuangkan nasib petani karet, karena Sumatera ini menyumbang 30 persen karet secara nasional. Karena itu, tidak boleh petani karet terus merugi dengan anjloknya harga getah,” kata Cak Imin. 
 
Mendengar jawaban Cak Imin, tentu saja membuat para petani menyambut gembira sambil bertepuk tangan.
 
Dalam kesempatan itu, Cak Imin juga meminta pemerintah untuk perbaiki tata kelola industri karet. Karena itu, tata kelola karet secara nasional harus diperbaiki untuk meningkatkan produksi sekaligus menjamin kenaikan harga karet.
 
Pria yang juga Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menuturkan, orientasi ekspor bahan baku sebaiknya ditinjau ulang dan jauh lebih baik dialokasikan untuk bahan jadi dari komoditi karet. Hal ini agar petani turut mendapat nilai tambah yang akan memperbaiki kualitas hidupnya.
 
“Saya akan sampaikan ke pak Jokowi dan semua menteri terkait agar melakukan penanganan yang cepat, tepat dan terukur agar nasib petani karet segera tertangani," kata Cak Imin.
 
Selain itu, Cak Imin juga akan menggerakkan semua anggota DPR PKB dari semua tingkatan untuk membantu semaksimal mungkin terbentuknya semua kebijakan, peraturan perundang-undangan serta alokasi anggaran yang mampu mempercepat perbaikan ekonomi dan sosial petani karet se Indonesia.
 
Menyikapi komitmen Cak Imin ini, Ketua Umum DPN Gerbang Tani, Idham Arsyad menyatakan akan terus mengawal serta menjalankan seluruh amanat yang diembankan Cak Imin kepadanya. “Saya akan mengawal arahan Cak Imin untuk membantu petani karet,” katanya.