Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Cak Imin : Kita Bangun Dunia Maya yang Beradab

Berita Headline
Cak Imin : Kita Bangun Dunia Maya yang Beradab
PKBNews - KETUA Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), HA Muhaimin Iskandar mengajak warga PKB dan seluruh warga Indonesia secara umum membangun konstruksi dunia maya yang berkeadaban. 
 
Pria yang akrab disapa Cak Imin ini mengatakan bahwa kehadiran mereka sangat diperlukan di tengah merebaknya praktik tak beradap dan intoleran yang bertebaran di dunia maya.
 
“Ayo semua warga PKB kita bangun konstruksi dunia maya Indonesia yang berkeadaban. Kehadiran warga PKB, NU pada umumnya juga Muhammadiyah diperlukan mengisi ruang dunia maya dengan bijak bersosmed,” kata Cak Imin di Jakarta, Selasa (6/6/2017).
 
Cak Imin menegaskan bahwa dunia sosial media saat ini telah berkembang pesat tak hanya dikalangan perkotaan, namun sudah merampah ke daerah-daerah pinggiran di hamper seluruh Indonesia dan bahkan dunia.
 
Perkembangan tersebut tak ayal berdampak secara negatif maupun positif bagi para pelaku dan penikmat medsos. Salah satu implikasi negatifnya, dikatakan Cak Imin, adalah dunia medsos ternyata bikin bingung banyak orang sehingga mengubah gaya hidup dan perilaku lisannya.
 
“Kegamangan identitas terjadi di kalangan penghuni dunia maya. Bingung dan memilih sendiri identitasnya tanpa peduli etika,” ujar Cak Imin.
 
Karena itu, Cak Imin mengajak seluruh kader PKB, termasuk warga NU, Muhammadiyah dan organisasi-organisasi moderat lainnya untuk bersama-sama menerjemahkan, internalisasikan, eksternalisasikan nilai-nilai etika yang beradab dalam dunia maya.
 
Bagi Cak Imin, pelaku dan penebar ujaran kebencian, intoleran, hasut, perundungan dan hoax di dunia media social tidak boleh diberi ruang dan harus diintersepsi dengan pandangan dan pendapat yang santun dan beradab.
 
“Ujaran kebencian intoleran di medsos berkembang melesat. Sementara yang cinta damai lebih banyak diam senyap,” tandasnya.