Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Asuransi TKI Dialihkan ke BPJS Ketenagakerjaan

Berita Utama
Asuransi TKI Dialihkan ke BPJS Ketenagakerjaan
PKBNews - ASURANSI Tenaga Kerja Indonesia (TKI) akan dialihkan ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan untuk memberikan perlindungan lebih baik bagi para TKI.
 
"Kita ingin sistem asuransi TKI masuk dalam bentuk skema jaminan sosial sebagai bentuk perlindungan bagi TKI," kata Menteri Ketenagakerjaan HM Hanif Dhakiri  di Jakarta, belum lama ini. 
 
Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengatakan bahwa hal itu merupakan tindak lanjut rekomendasi dari KPK. Oleh karena ini kita minta BPJS untuk rapat bersama membicarakan asuransi TKI.
 
Pengelolaan asuransi TKI yang saat ini dilakukan oleh konsorsium perusahaan asuransi namun diharapkan ke depannya mampu dialihkan ke BPJS Ketenagakerjaan.
 
"Transformasi dari asuransi ke jaminan sosial, ini yang kita minta untuk BPJS kaji. TKI punya 13 risiko pekerjaan, kita minta BPJS kaji berapa yang bisa di-'cover'," kata Menteri Hanif. 
 
Menurut Menteri Hanif, BPJS Ketenagakerjaan sedang melakukan rapat bersama Kementerian Ketenagakerjaan untuk membahas mengenai pengalihan asuransi tersebut dan diharapkan dapat diselesaikan secepatnya.
 
"Jika BPJS sudah menemukan skema yang tepat, maka akan dialihkan," kata Menteri Hanif. 
 
Karena itu, Menteri Hanif pun berharap agar peralihan asuransi TKI ke BPJS Ketenagakerjaan itu dapat dilakukan pada tahun 2017.
Rekomendasi untuk dibaca