Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

13 Usulan Calon Pahlawan Sedang Dibahas

Berita Utama
13 Usulan Calon Pahlawan Sedang Dibahas

Bogor - SAAT ini Kementerian Sosial sedang membahas tak kurang dari 13 nama pejuang yang diusulkan untuk mendapatkan anugerah gelar Pahlawan Nasional pada November 2015.

"Sekarang ada usulan 13 orang dan akhir Agustus ini pembahasan di Kemensos selesai," kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa di Bogor, Minggu (16/8/2015).

Menurut Khofifah, setelah selesai dibahas di Kemensos lalu diajukan ke Presiden melalui Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan lalu secara teknis Presiden yang akan menentukan.

Salah satu yang diusulkan adalah Raden Saleh yang tahun lalu juga sudah diusulkan.

"Kita tunggu saja karena masih ada kesempatan untuk pengajuan kembali usulan calon pahlawan nasional," kata Mensos.

Terkait dengan hal itu, Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kementerian Sosial Hartono Laras mengatakan, selain membahas pahlawan nasional, Kemensos juga sudah menerima sebanyak 112 usulan nama perintis kemerdekaan.

Terdata saat ini 176 yang tercatat sudah mendapat gelar perintis kemerdekaan sementara pahlawan nasional sebanyak 163 orang.

"Kita terus meningkat perhatian terhadap para pahlawan dan perintis kemerdekaan. Tahun ini dana kehormatan untuk ahli waris pahlawan nasional mencapai Rp50 juta sementara perintis Rp25 juta," tandasnya.

Rekomendasi untuk dibaca
2 tahun 3 hari yang lalu
13 Usulan Calon Pahlawan Sedang Dibahas