Partai Kebangkitan Bangsa

Pengamat Politik Menilai Emil Lebih Cocok Bersanding dengan Kader PKB

Prov. JABAR
Berita Utama

Pengamat Politik Menilai Emil Lebih Cocok Bersanding dengan Kader PKB

PKBNews - BAKAL calon (balon) Gubernur Jawa Barat (Jabar) yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Nasdem, Ridwan Kamil (Kang Emil) diimbau tidak melakukan langkah politik yang bersifat kontraproduktif seperti yang dilakukan Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar. Salah satunya dengan tidak salah memilih balon wakil gubernur.

"Saya melihat terdapat nilai plus jika Kang Emil berdampingan dengan figur yang merepresentasikan kelompok religi. Lebih tepat lagi jika Kang Emil bersanding dengan kader Partai Kebangkitan bangsa yang sudah resmi mengusung," ujar pakar politik dan pemerintahan Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung, Firman Manan, Jumat (20/10/2017).

Firman mengingatkan, secara teori ketika seorang kandidat melakukan langkah politik yang bisa menimbuilkan sentimen negatif, kompetitor bisa diuntungkan.

"Jika melihat nama-nama yang muncul, figur yang tepat disandingkan dengan Emil ada pada kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang sudah resmi mengusung, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) meski belum menyatakan dukungan," tuturnya.

Firman belum melihat adanya sosok agamis pada kader Partai Golongan Karya (Golkar) yang juga dikabarkan akan mengusung Emil. Kader Golkar yang muncul seperti Dedi Mulyadi dan Daniel Muttaqien tidak merepresentasikan kelompok agamis.

"Daripada dengan Golkar, lebih baik PKB. Kecuali kalau Golkar bisa memunculkan sosok agamis. Tapi di internal Golkar belum ada sosok agamis," ucapnya.