Partai Kebangkitan Bangsa

Jokowi Promosikan Cak Imin Sebagai Calon Wakilnya di Pilpres 2019

Berita Utama

Jokowi Promosikan Cak Imin Sebagai Calon Wakilnya di Pilpres 2019

PKBNews - KEHADIRAN Ketua Umum (Ketum) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang juga Panglima Santri Nusantara, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dalam acara peresmian beroperasinya skytrain bandara Cingkareng bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai sebagai sinyal untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

"Kemungkinan paling besar adalah, Jokowi tengah mempromosikan Cak Imin sebagai salah seorang kandidat calon pendampingnya di Pilpres 2019," ujar pengamat politik Ray Rangkuti, Rabu (3/1/2017).

Ray berkata, ada beberapa alasan yang mendasari kenapa Jokowi berniat menggandeng Cak Imin. Pertama, Cak Imin itu masih muda dan memiliki banyak pengalaman dalam dunia kepemimpinan politik.
Kedua, Muhaimin adalah figur santri yang sangat dibutuhkan oleh Jokowi dalam rangka menangkis berbagai isu SARA yang menimpanya.

"Dengan adanya Cak Imin sebagai pendamping, sedikit banyak akan mengurangi isu SARA yang ditujukan ke Jokowi," ucapnya.

Ketiga, lanjut Ray, Cak Imin merupakan ketua umum partai politik yang memiliki basis kuat di Jawa. Keempat, Jokowi dan Cak Imin memiliki visi yang sama, khususnya terkait dengan menjaga keutuhan NKRI, Pancasila dan UUD 45 sebagai warisan yang harus dijaga.

Sebelumnya, saat ditanya perihal kehadiran Cak Imin, Presiden Jokowi mengaku bahwa sudah lama tidak bertemu. Akhirnya, dia pun memanfaatkan momen peresmian kereta Bandara untuk berbincang dengan Muhaimin.
Jokowi mengaku hanya bicara soal kereta dengan ketua umum parpol yang mendukungnya pada Pilpres 2014 lalu. Saat ditanya spekulasi mengenai Muhaimin yang hendak menjadi cawapresnya pada 2019, Jokowi hanya menjawab singkat.

"Bagus, bagus, bagus," kata Jokowi berulang kali.