Partai Kebangkitan Bangsa

Gus Halim Hadiri Koalisi PKB Sokong Nyono di Pilbup Jombang

Prov. JATIM
Kab Jombang

Gus Halim Hadiri Koalisi PKB Sokong Nyono di Pilbup Jombang

PKBNews - KETUA Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur (Jatim) Halim Iskandar atau Gus Halim saksikan perjanjian kerjasama antara Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKB Jombang dengan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Jombang. Dalam perjanjian tersebut dipastikan bahwa PKB turut mendukung petahana Nyono Suharli Wihandoko kembali maju sebagai bakal calon (balon) Bupati Jombang 2018.

Surat perjanjian kerjasama itu ditandatangani Ketua DPC Mas'ud Zuremi dan Sekretarisnya Atmaji. Sementara dari kubu Golkar, Ketua DPD Golkar Jombang Tjaturina Yuliastuti dan Sekretarisnya Surachmad.

Kendati memiliki lebih banyak kursi dibandingkan Golkar di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jombang, PKB setuju mengusung Nyono sebagai calon bupati di Pilkada 2018. PKB memilih untuk menyandingkan kadernya bersama Nyono sebagai bakal calon wakil bupati.

Menurut Ketua DPC PKB Jombang, Mas'ud Zuremi, PKB memiliki tiga nama kader yang sangat potensial untuk diajukan mendampingi Nyono di Pilbup 2018. Selain dirinya, dua nama lain adalah Wakil Ketua DPC PKB Jombang Munir Al Fanani dan anggota Dewan Syuro PKB Jombang Subaidi Muchtar.

"Ketiga nama tersebut sudah kami kirim ke DPP PKB. Pertimbangan DPP dari berbagai faktor, semisal popularitas dan elektabilitas masing-masing calon," katanya.

Di tempat sama, petahana Bupat Jombang, Nyono menuturkan, saat ini koalisi yang dibangun Golkar telah merangkul empat partai di Jombang. Selain PKB, tiga partai lainnya adalah PDIP, PKS dan PAN. Pada Pileg 2014, PDIP mendapatkan 9 kursi, PKB 8 kursi, Golkar 7 kursi, serta PKS dan PAN masing-masing 5 dan 3 kursi.

"Sampai saat ini koalisi tersebut belum menentukan nama bakal calon wakil bupati yang akan mendampingi dirinya di Pilkada 2018. Pihaknya menargetkan nama tersebut akan ditentukan Desember nanti," katanya.

Dia menambahkan, soal calon wakil bakal dilakukan musyawarah dengan PDIP, PKB, PKS, PAN.

"Kriterianya yang jelas kita sama-sama membangun Jombang yang sudah baik menjadi lebih baik," tandasnya.