Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

100 Bacaleg PKB Jabar Tandatangani Pakta Integritas

Berita Daerah
100 Bacaleg PKB Jabar Tandatangani Pakta Integritas

Bandung - Guna mendapatkan calon anggota legislatif yang bersih dan sesuai dengan cita–cita serta visi dan misi partai, Dewan Pengurus Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa Jawa Barat melakukan penandatangan pakta integritas. Seluruh caleg untuk DPRD se-Jawa Barat diwajibkan menandatangani pakta ini.
 
Dikatakan oleh Wakil Ketua DPW PKB, HM Sidkon Dj, penandatanganan pakta integritas semata-mata dilakukan sebagai bentuk kesadaran dan komitmen caleg PKB untuk solid dan loyal kepada partai serta berjuang untuk rakyat.
 
“Ini semua kita lakukan sebagai sebuah bentuk kesadaran dan komitmen bersama untuk menciptakan arah perjuangan yang jelas ke depannya, loyal terhadap partai, dan berjuang untuk rakyat,” ujar Sidkon, Jumat (19/04/2013).
 
Acara yang di gelar di kantor DPW PKB Jawa Barat Jalan Banteng No. 1A Bandung ini, dihadiri Sekretaris Jenderal Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB, H Imam Nahrawi, Ketua DPW PKB Jabar H. Dedi Wahidi beserta pengurus dan 100 orang caleg yang 38 persen di antaranya perempuan.
 
Lebih lanjut dikatakan oleh Sidkon, DPW PKB telah melakukan seleksi internal secara ketat dan saat ini telah menghasilkan sebanyak 100 Bacaleg.
 
“Beberapa waktu yang lalu kita telah melakukan seleksi internal secara ketat dan PKB Jabar pada akhirnya telah memutuskan yang layak untuk dijadikan sebagai Bacaleg sebanyak 100 orang dengan 38 orang caleg perempuan, jadi masalah kuota keterwakilan perempuan, kita sudah terpenuhi,” paparnya.
 
Meski daftar caleg sementara (DCS) sudah selesai, tambah Sidkon, namun DPW PKB baru akan menyerahkan DCS ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat pada 22 April mendatang. Hal tersebut dikarenakan adanya pertimbangan kebersamaan dan berbarengan dengan DPP PKB yang juga akan menyerahkan DCS pada tanggal yang sama.
 
“Awalnya kita akan menyerahkan DCS ke KPU pada hari ini, namun karena adanya petimbangan inginnya kebersamaan, maka kita akan meyerahkan DCS PKB Jabar ke KPU berbarengan dengan penyerahan DCS DPP PKB ke KPU pada 22 April, besok,” ungkapnya.
 
Terkait dengan isi fakta intergritas yang di tandatangani oleh 100 bacaleg DPW PKB Jabar, yakni :
 
1. Mematuhi seluruh Peraturan Perundang-undangan yang berlaku, AD ART PKB dan peraturan organisasi lainnya, terkait Pemilu 2014.
 
 2. Menjaga wibawa partai selama menjadi caleg maupun setelah terpilih sebagai anggota legislatif.
 
3. Menjaga etika politik sesama caleg seperti yang telah diatur dalam peraturan LPP PKB.
 
4. Bekerjasama dan saling dukung antar caleg, baik tingkat pusat/provinsi maupun kabupaten/kota.
 
5. Tidak melakukan money politics dan atau terlibat jual beli suara yang dapat mempengaruhi hasil pemilu dan merugikan kepentingan PKB.